dhoe's_zone




Mahasiswa Indonesia kembali mendominasi pada Lomba Internasional Robot CerdasTrinity College Fire-Fighting Home Robot Contest (TCFFHRC), yang bertempat di Trinity Collage, Hartford, Connecticut, Amerika Serikat. Empat dari lima katagori perlombaan berhasil dikuasai oleh para mahasiswa yang berasal dari tiga perguruan tinggi, yaitu Institut Teknologi Bandung (ITB), Intitut Teknologi Telkom (ITT) dan Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM). Total delapan gelar juara internasional diraih oleh para mahasiswa Indonesia ini, yaitu;
  1. Katagori Fire-Fighting robot Senior Division (Robot Beroda)  diraih oleh Tim Hamazar (IT Telkom) sebagai juara pertama dan Tim Garuda (IT Telkom) sebagai juara kedua.
  2. Katagori Fire-Fighting Robot Walking Division (Robot Berkaki) diraih oleh Tim Arjuna (IT Telkom), Tim Yaqut (ITB) sebagai juara kedua dan Tim Aqabah (ITB) melengkapi sebagai juara ketiga.
  3. Katagori RoboWaiter Entry Level diaraih oleh Tim DU99RWES4-V12 (UNIKOM).
  4. Katagori RoboWaiter Advanced Division diraih oleh Tim DU99RWE4-V12 (UNIKOM) dan juara keduanya adalah Tim DU99RWE-12 (UNIKOM).
Kemenangan ini menunjukan bahwa Indonesia memiliki mahasiswa yang berpotensi luar biasa di bidang robotik, hal ini ditunjukan oleh keberhasilan mereka mengungguli peserta  dari negara yang memiliki tradisi teknologi lebih pesat dibandingkan Indonesia, seperti Amerika Serikat, Portugal, Israel maupun Cina.
Ditjen Pendidikan Tinggi pun berkomitmen untuk terus mendukung prestasi yang diraih oleh para mahasiswa di kancah internasional, “ Kompetisi semacam ini akan terus kita pupuk, tidak hanya tim robot tetapi kompetisi lainnya yang dapat meningkatkan kreatifitas mahasiswa akan terus kita kembangkan sehingga dapat berprestasi di tingkat internasional “ kata Agus.
sumber : http://dikti.go.id/

Categories: ,

Leave a Reply