dhoe's_zone

Bergabungnya kebudayaan dan pendidikan dalam wadah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) diharapkan dapat meningkatkan dan mengangkat apresiasi baik masyarakat maupun pemerintah terhadap perkembangan kesenian, utamanya di Kalteng.
 
Kepala Dinas Sosial sekaligus Ketua Dewan Kesenian Kalteng Drs Hardy Rampay Msi mengatakan, demi meningkatkan kesenian daerah yang ada di Kalteng, setiap kabupaten/kota diharapkan mengirimkan perwakilannya untuk turut serta dalam kegiatan Musda ke-II di Palangka Raya.
Hardy menyebutkan, perwakilan yang hadir itu minimal 5 orang, 1 orang birokrat dan 4 orang seniman atau budayawan.
“Kehadiran dari para utusan daerah dapat memberikan kontribusi yang positif untuk pengembangan potensi seni yang ada di Kalteng. Selain itu, juga memberikan aspirasi dan saling bertukar pikiran serta membentuk DKD yang belum ada di daeranya,” kata Hardy, Kamis (1/12).
Menurutnya, kendati peningkatan seni yang ada di Kalteng mendapat sedikit bantuan namun dari itu semua dapat difungsikan sebaik mungkin, sehingga kesenian yang ada dapat terus eksis sampai saat ini.
Dengan adanya Musda ke-II ini diharapkan terdapat perubahan yang sangat besar terhadap perkembangan kebudayaan terutama di bidang seni khususnya di Kalteng,” katanya
Menurut Hardy, sekarang ini guru-guru yang memiliki latar belakang di bidang seni masih sangat sedikit, bahkan mungkin tidak ada. Sehingga diaharapkan ke depan pihak perguruan tinggi baik negeri maupun swasta dapat membentuk program studi ataupun jurusan yang berlatar belakang pendidikan seni.
Selain itu, bantuan dari pihak pemerintah dan legislatif perlu untuk menyediakan bangunan khusus untuk menjadi kantor dewan kesenian. Mengingat kantor yang digunakan saat ini merupakan kontrak dengan pihak dinas pendidikan dan kebudayaan.
Dengan pengembangan seni yang terus ditingkatkan diharapkan DKD akan mampu bersinergi dengan dinas pendidikan untuk terus mengembangkan budaya yang sekarang dimasukkan dalam muatan local,” katanya.
Kutipan : Harian Umum Tabengan - Jumat, 2 Desember 2011 

Categories:

Leave a Reply